Langsung ke konten utama

Buku "Menjadi Manusia Indonesia yang Beradab"


Setelah melakukan berbagai revisi dalam konten, sistematika maupun aspek metodologi yang ditampilkan yang memakan waktu lebih dari satu tahun, buku “Suplemen Pendidikan Agama dan Budi Pekerti untuk SMA dan sederajat, Menjadi Manusia Indonesia yang Beradab Melalui Pendidikan Agama Berwawasan Pancasila”. terbit pada 19 Juni 2019.

Gagasan utama dari perkumpulan ini dalam rangka menanggapi tantangan dalam kehidupan masyarakat majemuk adalah suatu pemikiran bahwa di balik perbedaan dan keunikan yang ada dalam semua agama dan budaya terdapat titik temu berupa nilai-nilai kebaikan bersama yang diajarkan oleh semua agama dan kebudayaan. Nilai-nilai kebaikan bersama yang dijunjung dalam konteks hidup bersama ini tidak lain adalah nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila. Maka istilah lain dari Pendidikan Interreligius (PIR) adalah Pendidikan Agama Berwawasan Pancasila (PABP). Pada irisan inilah umat semua agama dapat belajar saling menerima dan saling menghormati sebagai sesama manusia maupun sebagai anak bangsa dan mengakui adanya kesamaan dalam perbedaan sehingga dapat saling  belajar untuk menguatkan satu sama lain.

PABP-PIR dirumuskan dengan tujuan menghadirkan pendekatan dan metode pendidikan yang lebih menyentuh kehidupan peserta didik, memberi pengalaman yang mendudukkan peserta didik sebagai subyek aktif. Dalam proses yang disepakati bersama, peserta didik dilibatkan menumbuhkan pengetahuannya sendiri, mengembangkan kesadaran dan kepekaan bahwa perbedaan agama, kepercayaan dan budaya adalah kenyataan alamiah kehidupan manusia yang dapat memperkaya batin mengasah kearifan, bahkan mematangkan iman sesuai agama masing-masing. Pengalaman ini juga sangat baik bagi pertumbuhan konsep diri peserta didik agar lebih terdorong mengembangkan semua potensi yang dimiliki.

PABP-PIR berfungsi menjadi pengayaan atau suplemen pendidikan agama yang dirancang untuk menyediakan ruang-ruang perjumpaan untuk diskusi dan menggali kreativitas terkait dialog, kenal, peka dan peduli pada masalah-masalah yang ada dalam masyarakat majemuk. Dengan pengayaan ini, menyediakan jembatan bagi pendidikan agama yang secara formal eksklusif, untuk terbuka dengan rela hati pada perbedaan.  Diharapkan dengan bekal ini, kelak di tengah lingkungan terdekat dan masyarakat, peserta didik memiliki kemampuan mengelola keragaman yang ada, memiliki semangat dialog, mampu bekerjasama dalam lingkungan yang beragam dan mampu berpartisipasi mewujudkan prinsip keadilan dalam kehidupan sosial yang majemuk. 

Sejak proses lokakarya penulisan hingga penerbitan buku, PAPPIRUS mendapat dukungan dari berbagai kalangan, seperti Komisi Kataketik Kesukupan Agung Semarang yang menyediakan tempat selama lokakarya penulisam, Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana dalam pembiayaan penerbitan dan Kanwil Kemenag DIY dalam sosialisasi untuk guru-guru agama dari berbagai latar belakang. Selain itu masih ada dukungan personal dari berbagai latar belakang lembaga dan dalam berbagai bentuk terutama selama masa-masa diskusi perumusan naskah.



Gagasan Dasar

Pendidikan menjadi ruang pendewasaan termasuk dalam beragama, karena itu pendidikan interreligius menempatkan peserta didik sungguh-sungguh sebagai subyek pembelajar, guru perlu berdaptasi sebagai fasilitator. Pendidikan agama harus membantu pemenuhan kebutuhan generasi muda tentang visi hidup yang bermakna sesuai jaman.

Model pendidikan interreligius mempertemukan nilai-nilai yang sama yang diajarkan oleh semua agama untuk belajar mengatasi persoalan-persoalan bersama dan berorientasi pada kebaikan atau kemaslahatan bersama. Oleh karena mempertemukan nilai-nilai yang sama di balik perbedaan formal agama-agama termasuk agama atau keyakinan lokal, pendidikan interreligius juga disebut sebagai pendidikan agama berwawasan Pancasila. Tema umum yang diangkat adalah menjujung dan menghormati martabat manusia. 

Ciri-ciri Model Pendidikan Interreligius

Sebagai suatu model pendidikan agama yang terbuka dan dialogis, Pendidikan Interreligius dapat dihadirkan dengan berbagai cara. Namun ada cici-ciri model yang dapat dikenali: Pertama bersifat dialogis, bukan hanya metode yang digunakan dalam proses pembelajaran, namun dari sisi materi juga menghadirkan keragaman, yaitu peserta didik dikenalkan dengan orang-orang atau komunitas yang memiliki keyakinan berbeda. Perbedaan tidak dihindari, tapi justru diakrabi sebagai bagian dari penerimaan identitas diri dan pengenalan pada yang lain yang berbeda. Melalui proses dialog ini peserta didik mendapat kesempatan didengar dan mendengar pengalaman penghatayan tentang nilai-nilai agama yang berbeda-beda.

Ciri kedua model pendidikan ini adalah belajar dari realitas hidup dengan mengamati, menganalisis dan merefleksikan untuk menemukan nilai utamanya, kemudian mengambil pelajaran dari ajaran agama masing-masing sambil mendengar tentang ajaran agama lain tentang nilai-nilai yang sama. Model evaluasi yang digunakan adalah dengan menghargai usaha dalam proses kreatif oleh peserta didik, dalam proses-proses komunikasi yang menggambarkan aspek pegetahuan, sikap dan ketrampilan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Baru Pendidikan Toleransi di Indonesia

  Pandemi telah mengubah cara kerja masyarakat seluruh dunia. Semua pihak harus dapat beradaptasi dengan situasi penuh resiko ini agar tetap sehat dan semua aktivitas kehidupan dapat dilanjutkan. Demikian halnya dalam berbagai aktivitas pendidikan, selain harus mencari strategi yang aman dan efektif, juga harus tetap kreatif sehingga proses belajar mengajar berlangsung tanpa beban dan berdampak mencerdaskan.     Adaptasi Perkumpulan Pappirus terus mengupayakan pengembangan pendidikan keagamaan yang menumbuhkan kultur belajar yang memungkinkan tumbuhnya kesadaran menerima keragaman sebagai kodrat manusiawi dan mengajak para pendidik agar dapat membantu peserta didik mengembangkan sikap toleran serta mampu bekerjasama dengan orang yang berbeda latar belakang. Adaptasi dalam mengelola perkumpulan antara lain dengan migrasi kegiatan secara daring atau gabungan daring dan luring, sebagaimana dilakukan dalam Rapat Umum Anggota Perkumpulan ke-3, 25 April 2021 dan pertemuan Pengurus Periode ba

PENTINGNYA PERUBAHAN PARADIGMA UNTUK MERAWAT RUH PENDIDIKAN

    Catatan Moderator Seri 01 Program ‘NGOPII Yoo’ atau ‘Ngobrol Pendidikan Interreligius-Indoneisa dari Yogyakarta’, adalah perbincangan untuk masyarakat umum secara daring, yang diselenggarakan atas kerjasama Perkumpulan Pappirus, Rumah Kearifan, Jemaat Ahmadiyah Indonesia dan Sanggar Anak Alam, setiap hari Rabu malam. Seri pertama Ngopii yoo pada Rabu, 11 Agustus 2021 mengangkat tema ‘Pendidikan yang Memerdekakan’. Banyak pemikiran berharga dalam perbincangan ini. Untuk itu moderator akan menyarikan gagasan-gagasan menarik di dalamnya untuk diunggah di laman pappirusindonesia.org                    Kehidupan bermasyarakat mengalami perubahan sangat cepat, dampak dari perkembangan teknoliogi digital pada berbagai proses kehidupanbaik dalam pengorganisasian, komunikasi maupun proses produksi barang dan jasa. Bukan hanya pada level permukaan, perubahan juga terjadi dalam penghayatan nilai-nilai. Menyambut ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 76, sebagai bentuk ra

Webinar Moderasi Beragama

  Menindaklanjuti MoU kejasama Perkumpulan Pappirus dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Indonesia tahun 2019, pada 11 Desember 2020 diselenggarakan webinar nasional dengan tema ‘Realiasasi Moderasi Beragama di Ranah Pendidikan Mene n gah dan Tinggi abad 21’ . Seminar diikuti oleh para mahasiswa, para pendidik, pegiat perdamai an dan masyarakat umum, dengan narasumber Supriyanto Abdi , dosen Progra m Studi PAI UII, Alexander Hendra Dwi Asmara, Ph. D, dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Agama Katolik USD,  Tabita Kartika Christiani, Ph.D dan Anis Farikhatin, M.Pd pendidik dan pegiat Perkumpulan Pappirus dengan moderator Herlina Ratu Kenya, MAPT, pendeta gereja Kristen Sumba Timur. Dalam sambutan mewakili Perkumpulan Pappirus, Listia menyampaikan pentingnya terus melakukan pembelajara n dalam mengelola keragaman. Pendidikan agama perlu merespons perubahan dan situasi kemanusiaan yang ada, khusu s nya bagaimana menyelenggarakan pen